ODT Penakaran Rusa Cariu

Gagal liburan di libur panjang Natal dan tahun baru akhirnya gue refreshing juga untuk pertama kalinya di tahun 2016 ini. lebih tepatnya sih bukan refreshing tapi menghilangkan penatnya tugas kuliah yang lagi deadline aja sih, merefresh otak biar ga kusut setiap hari harus mantengin laptop terus-terusan *curcol*

Menurut gue refreshing itu ga harus ke tempat mahal ataupun ke tempat jauh-jauh, jalan di dalam kota ataupun cuman ngemil-ngemil cantik sama temen udah bikin happy banget. pliiisss jangan bilang gue lebay, ini kan menurut gue *suka-suka yang nulis donggg* oke baiklah jangan kebanyakan curhat, langsung aja ke topik utama 😀

Sabtu, 09 Januari 2016

Sekitar jam 7 pagi gue menyusuri jalanan jakarta yang cukup lenggang, dianter supir gojek yang gue lupa namanya siapa. Tiba-tiba bbm bunyi *tin udah dimana ? yaa gue emang bangun kesiangan ditambah lagi gojek nya yang lama banget padahal jam 7 harus udah sampe di kantor. Ga lama bales bbm itu, gue pun sampe di kantor. semua orang udah pada dateng tinggal nunggu gue doang *maafin antin yang kesiangan 😦 jadi telat datengnya deh

Mau kemana sih kita hari ini ? aduhh masih nanya aja yaa, kita kan mau ke penakaran rusa cariu, makan di pinggir sawah dan terakhir ke curug country.. waaahhhh asiknyaa 🙂 iyaaa donggg 😀

Okee udah jam 7 lewat, semua peserta juga udah dateng kita langsung jalan aja takut jalanan macet soalnya harus lewat mekarsari yang langganan macet kalo pas week end gini.

Perjalanan Jakarta – Jonggol ternyata cukup jauh juga, belum lagi jalanan nya yang lumayan bikin jedag jedug dan berkelok. Kita jalan dari jakarta jam 7 pagi dan baru sampe di penakaran rusa cariu sekitar jam 10 kurang, penakaran rusa cariu ini tempatnya ga tepat di pinggir jalan jadi kita masih harus masuk ke dalam. kita aja hampir kelewatan kalo ga liat spanduk penakaran rusa dengan tanda panah, dari pinggir jalan masuk ke dalam penakaran rusa jalanan nya cukup terjal dan menukik lumayan tajam dan berbatu. Dari pinggir jalan ke pintu masuk tidak terlalu jauh ko, bisa jalan kaki juga.

Sampai di tempat parkir kita pun langsung bergegas membeli tiket masuk ke penakaran rusa, biaya masuk nya cuman Rp 8.000 aja *murah banget yaa* setelah membeli tiket kita pun harus melewati jembatan kayu yang cukup panjang tapi sangat tidak layak. Jembatanya udah tua dan hanya bisa dilewati untuk 10 orang saja secara bersamaan, jadi harus ngantri ga boleh bareng-bareng langsung.

DSC_1152

Ini tulisan yang ada tepat di pintu jembatan, disamping terlihat peringatan 

IMG_20160109_105818

Dan inilah jembatan kayu yang kurang layak dan sudah tua

Setelah melewati jembatan tua yang dibawahnya terdapat sungai yang cukup deras, kita pun masih harus berjalan kaki menuju penakaran rusa nya sekitar 15 menit. Tidak terlalu jauh dan track nya pun tidak terlalu berat, karena sudah disediakan jalan setapak untuk pejalan kaki.

DSC_1223

Sekilas penjelasan tentang rusa

DSC_1207

Petunjuk arah mau ke penakaran rusa atau ke curug

DSC_1219

Track menuju penakaran rusa

DSC_1210

Ucapan selamat datang ketika sudah mendekati penakaran rusa

Akhirnya setelah berjalan cukup lama kita pun sampai di penakaran rusa nya, saat itu yang terlihat hanya ada 2 rusa saja. sebenarnya rusa disana ada beberapa hanya saja sekarang hanya tersisa 5 ekor rusa saja, yang sebagian lagi ntah kemana. Dan kebetulan waktu itu yang muncul hanya 2, biasanya mereka akan datang jika mencium makanan, cuman waktu itu yang jual makanan rusa baru ada sekitar jam 2 siang sedangkan kita sampai disitu masih cukup pagi. yaaa akhirnya kita semua hanya melihat-lihat dan berfoto-foto dengan rusa yang ada saja.

DSC_1237

Menikmati terik matahari Cariu ditemenin sama rusa 🙂

IMG_20160109_102030

Karena hari semakin siang dan sudah cukup lama bermain serta berfoto dengan rusa kita pun segera kembali untuk melanjutkan ke tujuan kedua yaitu makan siang di saung ditengah-tengah pesawahan, waaahh asiikk yaa *mendadak lapar*

DSC_1282

Track kembali ke tempat parkirnya lumayan menanjak nih *iket rambut*

Sebenernya penakaran rusa ini tanahnya sebagian milik pak buyung dan sebagian lagi milik perhutani, jadi dari jalan raya sampai yang ada tulisan plang merah yang bertuliskan selamat datang itu tanahnya milik bapak buyung, nah dari plang selamat datang sampai penakaran rusa itu tanahnya milik perhutani. Disini juga ada beberapa warung yang menyediakan minuman dan makanan ringan, ada toilet umum nya juga tapi kurang layak pakai dan tidak terurus. pintu toilet yang tidak baik dan kondisi toilet yang tidak bersih. Di Penakaran rusa ini juga ada yang jagain, aduhh lupa nama bapaknya siapa tapi bapak itu anak buah nya bapak buyung. Dan bapak itulah yang membuat warung dan menyediakan toilet umum di tempat ini.

DSC_1393

Setelah semua masuk ke mobil masing-masing kami pun melanjutnya perjalan tapiiiiii seperti yang gue bilang tadi dari jalan raya menuju pintu masuk penakaran rusa itu jalannya cukup terjal dan berbatu jadi mobil rombongan kedua kami mogok karena per nya patah. Alhasil kami pun tidak bisa melanjutkan perjalanan karena harus mencari per, penakaran rusa cariu ini masih termasuk daerah jonggol jadi belum ada bengkel yang menyediakan per untuk mobil jadi kami harus mencari per mobil sampai ke cianjur.

Akhirnya mobil rombongan kesatu pun mencari per ke cianjur, waktu itu sekitar jam 1 siang dan sampai di cianjur sekitar 2 tapi kami masih harus menunggu sekitar 1 jam lagi karena per nya harus diambil dulu di cianjur kota nya. Kami pun memutuskan untuk mencari tempat makan terdekat, karena cacing di perut udah demo. Sempet bingung mau makan dimana karena di pinggir jalan kanan kiri hanya terdapat rumah makan padang, sampe akhirnya kita nemuin tempat makan yang ciamik banget. Makan nya di saung, di pinggir sawah dan kolam ikan, namanya Saung Pesawahan.

IMG_20160109_145821 IMG_20160109_145739

Pemandangan tempat makan dari depan

Tempat makan ini cukup nyaman untuk santai, kita bisa melihat kolam ikan atau memandangi sawah yang mulai menguning. Satu saung ini cukup luas jadi bisa tiduran sambil ngecas HP, disini menyediakan makanan khas sunda. Kami memesan ikan gurame goreng, gurame bakar, cah kangkung, nasi putih, bakwan jagung, sayur asem, es kelapa muda, es teh manis dan berbagai macam lalap beserta sambelnya untuk bertujuh. Setelah beberapa lama satu persatu pesanan datang dan kami pun langsung menyantap habis semua menu yang dipesan saking lapar nya 😀 waktu itu udah sekitar jam 3 sore jadi wajar saja kalo kami semua kelaparan dan makan dengan lahapnya sehingga lupa untuk dokumentasikan hehe

DSC_1301 IMG_20160109_145600

Suasana saung pasawahan yang ciamik banget untuk makan sekaligus bersantai, bikin betah berlama-lama

Nah untuk kalian yang ke Cianjur dan bingung mau makan dimana, bisa mampir di saung pesawahan ini. Selain tempatnya yang ciamik untuk makan dan bersantai bersama keluarga, makanan disini juga enak apalagi gurame goreng nya dan yang pasti harga nya relatif murah.

Setelah perut kenyang dan waktu sudah menunjukan jam 4 kurang, kami pun bergegas kembali ke bengkel per tadi dan ternyata per nya belum selesai akhirnya kami masih harus menunggu. Hari semakin sore akhirnya kami pun sampai ditempat TKP (Read : mobil mogok), udah hampir jam 5 sore udah pasti ga mungkin ke tujuan ketiga yaitu curug country. Akhirnya sambil menunggu mobil yang dipasang per nya, sebagian dari kami masuk lagi ke area penakaran rusa tapi bukan untuk melihat rusa lagi. Melainkan untuk bermain air di sungai yang tadi pagi hanya kami lewati saja, sungai disini masih jernih jadi ga sungkan-sungkan untuk nyebur dan bermain air disini.

DSC_1435 DSC_1432

Menikmati sejuknya udara sore hari di cariu sambil melihat pohon-pohon dan mendengar gemericik air sungai yang mengalir deras, sedang asik-asiknya bermain air sungai tiba-tiba bapak penjaga tempat ini berteriak agar kami semua tidak bermain air terlalu tengah karena suka tiba-tiba ada kiriman air bah. akhirnya kami pun melipir ke pinggiran sungai, karena hari semakin sore dan mulai terdengar petir kami pun beranjak untuk membersihan badan untuk segera kembali ke rombongan kami yang lain.

Tidak lama setelah kami beranjak dari sungai itu, hujan lebat sekali sedangkan pemasangan per mobil belum juga selesai. Pemasangan per nya cukup lama sehingga baru selesai magrib dan kami pun bergegas kembali ke jakarta tapi sebelum kembali ke jakarta kami pun mencari tempat makan karena kami semua belum makan siang dan sebagian malah belum makan siang dengan layak. Untuk tempat makan kedua ini tidak terlalu berkesan, gue lupa namanya apa karena udah malem dan cape juga. Pelayanan nya kurang bagus, makannya pun tidak enak dan harga nya yang menurut gue ga wajar. Di tempat makan ini ga lama, setelah semua selesai makan langsung melanjutkan perjalanan pulang karena hari semakin malam.

Daaannn kami pun sampai di jakarta sekitar jam 10 malam, liburan kali ini memang tidak sesuai rencana karena harus ada tragedi per patah dan semua destinasi tidak bisa kami kunjungi tapiii tetap saja setiap perjalan pasti meninggalkan kesan termasuk perjalan kali ini. Semoga perjalanan selanjutnya akan semakin seru dan tidak terjadi tragedi-tragedi macem-macem lagi 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s