Orum Goes To Pulau Harapan *Hari Kedua*

Akhirnya setelah bertapa beberapa minggu dapet ide juga buat lanjutin cerita ini haha *oke ga penting* #abaikan

14 Januari 2014

pagiii pulau harapann, pagi neptunuss, pagii semuaaaa πŸ˜€

pagi ini gue kebangun karena denger suara ngobrol bu peni dan pa tomy πŸ˜€ langsung sholat dan makan pop mie *oke ga penting #abaikan . gimana sama yang lainnya yaa ? oke yang lainnya masih pada tepar, katanya sih semalem tidur jam 2 abis pada baberque sambil ngobrol-ngobrol macho sesama cowo-cowo haha πŸ™‚ rencananya pagi ini pengen liat sunrise tapi sayang cuaca tak mendukung soalnya si cantik sunrise tidak terlihat wujud nya tapi jangan sedih karena Pagi ini kita semua juga mau menyusuri perbatasan pulau harapan dan pulau kelapa sambil jalan-jalan santai gitu.

Sekitar jam 8 pagi sarapan pun datangg *asiiikkk, menu sarapan kita pagi ini nasi goreng + telor mata sapi + krupuk, marii makan πŸ˜€ *Ga sempet ambil fotonya soalnya langsung disantap dengan lahapnya haha* selesai makan datanglah pa aris yang akan mengajak kita semua keliling sekitar pulau harapan. memulai langkah dari home stay menuju perbatasan pulau harapan menusuri rumah-rumah penduduk sekitar benar-benar membuat kita berasa disekitar rumah sendiri *sampe lupa kalo kita dikelilingi oleh lautan* saking banyaknya dan berdempet-dempetannya rumah penduduk disini, dengan disuguhkan pemandangan yang begitu indahnya. air laut yang jernih, suasana yang tenang, udara yang segar (ga ada pulusi) dan pemandangan sekitar yang bikin decak kagum membuat kita semua menikmati perjalan yang lumayan jauh ini.

Setelah jalan cukup lama dan cukup jauh juga akhirnya kita sampai di perbatasan pulau harapan dan pulau kelapa, perbatasan kedua pulau ini hanya dibatasi oleh gapura berwarna putih yang sudah terlihat aga kusam. kita pun mulai menusuri jalan sambil sesekali jeprat jepret *narsisss* cuman disayangkan sepanjang jalan ditempat seindah ini gue ga liat tempat sampah jadi wajar aja kalo orang yang berkunjung buang sampah sembarang secara ga ada tempat sampah tapi saran gue walaupun ga ada tempat sampah biasain buat ga buang sampah sembarangan, kan bisa sampahnya dipegang dulu sampe menu tempat sampah terdekat *saran aja* #mendadak ceramah kaya orang bener πŸ˜€ *

IMG_524336439953Perbatasan Pulau Harapan dan Pulau Kelapa

sambil menusuri jalan pa aris pun bercerita ini itu tentang pulau ini dan gue pun baru tau ternyata disini ada kuburan juga loh hehe kata pa aris kalo kuburan ada, yang ga ada disini itu penjara. kalo ada maling paling langsung ditenggelim aja kelaut *cerita sambil ketawa dan bercanda* dan tanpa terasa akhirnya kita pun sampai disebuah tempat yang katanya dulu menjadi kantor balai desa disekitar situ, ditempat ini kita bisa liat ikan kecil bergerombol yang sangat terlihat dan yang pasti pemandangan sekitar yang keindahannya ga usah diragukan lagi bahkan pulau kecil sekitar pun terlihat dari tempat ini. karena hari semakin siang dan sudah puas menikmati pemandangan sambil bernarsis ria akhirnya kita pun bergegas menuju dermaga pulau kelapa. dan ternyata perjalanan menuju dermaga pulau kelapa masih lumayan bikin cape, setelah lumayan cape berjalan kita pun sampai di dermaga pulau kelapa. disini kita hanya istirahat sejenak, foto-foto dan bergegas pulang ke home stay karena waktu sudah semakin siang *sebenarnya sih masih pengen main tapi apa daya waktu yang sangat singkat* dan gue ga nyangka loh ternyata di pulau kelapa ini ternyata masih ada becak.

IMG-20140114-WA0023Sepanjang jalan diperbatasan

IMG-20140114-WA0025

IMG-20140114-WA0030

IMG-20140114-WA0032

Dermaga Pulau Kelapa

sepanjang jalan menuju home stay becanda satu sama lain, dari yang mulai pura-pura buta dengan menggunakan kaca mata hitam pake tongkat dan dituntun lah yang membuat gelak tawa disepanjang jalan. eh ternyata kita ga langsung pulang ke home stay kita istirahat dulu di pinggir pantai yang tidak jauh dari home stay, foto-foto sambil ngobrol-ngobrol ringan aja sejenak menghilangkan rasa cape setelah jalan cukup jauh.

waktu semakin siang kita pun bergegas pulang ke home stay, mandi dan merapihkan segala perlengkapan karena pukul 11 siang kita harus ke dermaga tapi ga lupa beli oleh-oleh kerupuk ikan hasil olahan penduduk sekitar. kata pa aris sih kerupuknya enak dan lumayan murah 1 plastik hanya 7000 saja, gue dan beberapa orang pun membeli kerupuk tersebut dan ternyata karena kita rencananya pergi 13 orang dan yang hadir hanya 9 orang sedangkan kita sudah bayar untuk 13 orang untuk itu uang sisanya ga bisa dikembalikan melainkan diganti dengan oleh-oleh yang diberikan sama pa aris yaitu kerupuk dan otak-otak ikan (tapi otak-otaknya beli di muara angke)

waktu sudah menunjukan pukul 11 siang kita semua sudah rapih dengan semua barang-barang bawaan yang lumayan banyak, dan ga lupa juga minum antimo biar ga ada kejadian memalukan seperti waktu itu lagi hehe. tak lama kemudian pa aris datang memberikan karcis untuk naik kapal dan ga lama kemudian ibu catering pun mengantarkan makanan box untuk kita makan siang *wah ga nyangka ternyata dapet makan lagi πŸ˜€ * karena kapal sebentar lagi akan sandar maka kita pun langsung bergegas menuju dermaga. sesampai di dermaga ternyata kita masih harus menunggu beberapa saat dan tak lama kemudian kapal pun datang, satu persatu kita pun naik ke kapal dan memilih tempat diatas karena kita ingin melihat pemandangan pulau seribu yang indah kebetulan cuaca siang ini pun mendukung.

*berdoa* amiinnn

akhirnya kapal pun mulai melaju, beberapa saat kita masih narsis dan melihat pemandangan sekitar tapi setelah setengah jam berlalu rasa kantuk pun tak bisa dihalang, mungkin ini efek dari antimo tadi dan tanpa terasa kita sudah hampir sampai. bangun tidur langsung makan nasi box yang tadi dibawain ibu catering, isi nya itu nasi+ikan bumbu kuning+tumis+kerupuk dan ntah gue yang laper atau emang masakan ibu itu enak gue pun makan dengan lahapnya *terutama ikan bumbu kuningnya, sangat juara enaknya, ga amis dan ga bikin enek*

IMG-20140114-WA0036

Mari Pulangg

eh pas liat keluar ternyata gue lewatin pulau untung jawa, pulau onrush dan beberapa pulau kecil lainnya tapi sayang air disekitar pulau ini sudah tercemar, udah kotor dan berwarna coklat. tak lama kemudian kita pun sampai di dermaga muara angke *bau amis pun mulai tercium* sesampai di muara angke kita menunggu jemputan sambil icip-icip otak-otak ikan langganan pa aris dan rasanya itu loh enak berasa banget ikannya *makan banyak ga berasa, dasar rakus hehe* ternyata yang jemput lama banget akhirnya kita pun menunggu disebuah tempat makan seafood disekitar situ dan memesan kerang rebus. udah abis makanan udah tiduran tapi yang jemput masih belum dateng-dateng juga 😦

akhirnya setelah menunggu lama pa ade (yang jemput kita) sampai juga dan kita pun bergegas tapi bukan langsung pulang kerumah yaa melainkan pulang ke kantor dulu, alhamdulillah jalanan jakarta sore itu ga macet soalnya pas tanggal merah jadi muara angke ke tebet ga makan waktu lama. sesampai dikantor ada yang langsung pulang ada juga yg ngerjain kerjaan, salah satunya gue urusin beberapa dokumen dulu baru deh balik

nah itu lah pengalaman gathering kantor gue yang seru, yah walaupun rintangan pas mau kesini itu banyak banget. mulai dari ujan lah, terus beberapa orang ga bisa ikut lah karena akses jalannya banjir belum lagi pas mau jalan pada ngaret juga *ngeri ketinggalan kapal* tapiΒ  gue seneng bisa gathering ke pulau, gue seneng bisa belajar yang namanya snorkling *secara ga bisa renang* gue juga seneng semua orang kantor semangatin gue biar mau nyebur ke laut, gue seneng mereka semua bimbing gue yang penakut ini dengan sabarnya. pakein pelampung, tuntun gue pas snorkling dan banyak hal lain yang ga bisa gue ceritain pokoknya untuk semua orum crew thanks untuk pengalama berharganya dan thanks udah jagain gue yang penakut ini. semoga next gathering gue bisa ikut lagi πŸ™‚ amiinn